Apa Saja Manfaat Meminum Air Sirih Bagi Kesehatan Kita?


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sahabat MenujuBaik, Pada artikel ini kita akan membahas tentang Apa Saja Manfaat Meminum Air Sirih Bagi Kesehatan Kita?, mari simak pembahasannya... 

Pohon sirih merupakan salah satu tanaman rambat yang mudah sekali untuk ditanam dan banyak terdapat disekitar kita, terutama diwilayah pedesaan. Pohon sirih sendiri sudah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat dengan memanfaatkan rebusan daun-nya sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Daun sirih memiliki berbagai kandungan seperti kalsium, protein, zat besi, potassium, fosfor, vitamin C dan masih banyak kandungan lainnya. Tak hanya itu, daun sirih juga bisa digunakan untuk perawatan wajah dengan cara dilumatkan dan bisa juga sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Untuk kaum hawa, rebusan air daun sirih bisa digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Selain itu air rebusan daun sirih bisa diminum karena bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit, baik penyakit ringan maupun berat (penyakit berbahaya). Berikut adalah Manfaat Meminum Air Sirih Bagi Kesehatan Kita:

Menyembuhkan Sakit pada Tenggorokan

Manfaat yang pertama dari meminum air rebusan daun sirih adalah untuk mengatasi radang tenggorokan yang umum terjadi dengan gejala seperti perih ketika menelan, batuk, suara serak, serta kesulitan berbicara, dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi rebusan air sirih secara teratur, Insyaallah Sakit pada Tenggorokan dapat disembuhkan dengan cepat.

Pencegahan Kanker

Kandungan AntiOksidan tinggi yang terdapat dalam Daun Sirih dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker yang mematikan. AntiOksidan akan mencegah stres oksidasi yang merupakan salah satu pemicu sel kanker dalam tubuh manusia, sehingga sangat disarankan untuk diminum secara rutin setiap hari.


Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Dalam berbagai penelitian yang dilakukan, membuktikan bahwa Air Rebusan Daun Sirih bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah yaitu kolesterol tinggi dan trisliserida. Tak hanya itu, daun sirih juga bagus dalam mengontrol kadar kolesterol dengan meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh karena kandungan eugenol yang terdapat dalam Daun Sirih merupakan AntiOksidan untuk mencegah terbentuknya kolesterol jahat dalam organ tubuh seperti hati. Dengan meminum Rebusan Air Daun Sirih secara teratur tentu dapat mencegah beberapa penyakit seperti gagal jantung, stroke, jantung koroner, dan penyakit lainnya.

Mengatasi Diabetes

Manfaat lainnya dari meminum Air Rebusan Daun Sirih adalah untuk mengontrol kadar gula/glukosa dalam darah kita sehinggat tetap normal. Air Rebusan Daun Sirih memiliki kandungan anti diabetes seperti beta karoten, kalsium, potassium, lutein, fosfor,  asam folat,  dan beberapa jeni vitamin yang sangat bagus untuk mengontrol kadar gula/glukosa.

Melancarkan Menstruasi

Bagi kaum hawa, Air Rebusan Daun Sirih dipercaya dapat digunakan untuk melancarkan siklus menstruasi agar teratur. Senyawa aktif yang terkandung dalam Daun Sirih seperti antiseptik dan analgesik dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dialami wanita saat mengalami menstruasi. Disarankan untuk mencampur Air Rebusan Daun Sirih dengan beberapa bahan alainnya seperti gambir dan kunyit agar hasilnya lebih  maksimal.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Dengan mengkonsumsi Air Rebusan Daun Sirih secara teratur, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meminum Air Rebusan Daun Sirih dapat mencegah beberapa penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu Meminum Air Rebusan Daun Sirih juga akan meningkatkan kesehatan mental kita dan tingkat kewaspadaan.


Meningkatkan Kesuburan

Bagi pasangan suami istri, meminum Air Rebusan Daun Sirih dapat menjadi zat perangsang untuk meningkatkan kesuburan. Meminum Air Rebusan Daun Sirih dapat meningkatkan produksi hormon seks seperti yang terkandung dalam coklat, cabai, semangka dan pisang. Selain itu meminum Air Rebusan Daun Sirih juga dapat menginduksi perasaan senang dan bahagia serta meningkatkan suasana hati.

Demikianlah beberapa Manfaat Meminum Air Sirih Bagi Kesehatan Kita dan tentu masih banyak terdapat manfaat lainnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin....

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »