Keutamaan dan Manfaat Menghafal Surah Al-Kahfi

Keutamaan dan Manfaat Menghafal Surah Al-Kahfi
Keutamaan dan Manfaat Menghafal Surah Al-Kahfi

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sahabat MenujuBaik yang insyallah selalu diberkahi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, pada artikel kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai Apa sih Keutamaan dan Manfaat Menghafal Surah Al-Kahfi? Mari simak pembahasannya...

Sebagai umat islam, kita tentu sering mendengar tentang Surah Al-Kahfi ini, Surah Al-Kahfi dalam bahasa arab الكهف, al-kahf, yang berarti "Gua", Surah Al-Kahfi atau yang biasa disebut Ashabul Kahf adalah surah ke-18 dalam Al-Qur'an yang terdiri atas 110 Ayat dan tergolong Surah Makiyyah (Surah yang diturunkan di kota makkah). Surah ini banyak dibaca dan dihafal karena kebaikan yang terkandung didalamnya apalagi setiap hari Jum'at. Tidak hanya itu, Surah Al-Kahfi memiliki 17 keutamaan dan manfaat bagi yang menghafal 10 Ayat Surah Al-Kahfi yakni 10 Ayat yang pertama dan alangkah jauh lebih baiknya jika menghafalkan full 110 Ayat Surah Al-Kahfi ini.

Berikut adalah 17 keutamaan dan manfaat yang dimaksud:

Terlindung dari Dajjal
Keutamaan yang pertama adalah terlindung dari Dajjal. Sebagaimana tertulis dalam sebuah hadist:

Muslim I/555 no.809

Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” HR Muslim I/555 no.809, Ahmad V/196 no.21760, Ibnu Hibban III/366 no.786, Al-Hakim II/399 no.3391, dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman V/453 no.2344.

Jauh dari Fitnah Dajjal
Keutamaan yang kedua bagi penghafal 10 Ayat Pertama Surah Al-Kahfi adalah terlindung dari fitnah Dajjal yang berbahaya karena menipu dan membawa  ke neraka. Dengan menghafal Surah Al-Kahfi ini maka kita terhindar dari azab neraka yang sangat pedih karena jauh dari fitnah Dajjal yang membawa ke jalan yang sesat dan merupakan dosa besar dalam Islam. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam Surah Al-Kahfi Ayat 102:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا

maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Kahfi: 102) (Syarh Shahih Muslim, 6: 84).
Wajahnya Bercahaya
Dalil nya terdapat dalam sebuah hadist yang diriwayat kan oleh Ad Darimi Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah”. Hadist diatas Shohih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 6471). Orang-orang yang menghafal Al-Qur'an dan memahami maknanya dengan baik termasuk salah satunya Surah Al-Kahfi akan mendapatkan kebaikan yakni wajah yang bercahaya dan dijauhkan dari dosa-dosa yang tak terampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Mendapat Syafaat di Hari Kiamat
Keutamaan dan manfaat yang keempat dari menghafal 10 Ayat pertama dalam Surah Al-Kahfi adalah mendapat Syafaat di Hari Kiamat. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim: “Bacalah Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat menjadi syafaat kepada pemiliknya. HR Muslim, (804). Siapapun yang membaca, menghafal, dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an akan mendapat syafaat dan pertolongan termasuk orang orang yang menghafalkan sepuluh ayat Al Kahfi karena ia telah membaca dan memahami Al Qur’an.

Mengamalkan Sunnah Rasul
Keutamaan yang kelima adalah mengamalkan Sunnah Rasulullah  shallallahu 'alaihi wa sallam. Dengan mengamalkan Sunnah Rasulullah  shallallahu 'alaihi wa sallam, maka kita akan mendapatkan kebaikan didunia maupun diakhirat. Begitu pula dengan menghafal 10 Ayat Pertama dalam Surah Al-Kahfi yang juga termasuk salah satu Sunnah yang diajarkan Sunnah Rasulullah  shallallahu 'alaihi wa sallam. Hal ini tentu akan mendapatkan manfaat kebaikan, seperti terlindung dari bahaya maupun fitnah Dajjal.

Diatas adalah beberapa Keutamaan dan Manfaat Menghafal 10 Ayat Pertama Surah Al-Kahfi, tentu masih banyak keutamaan lainnya yang akan kita dapatkan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua ya sahabat MenujuBaik. aamiin...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »