Apa Saja Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh? Berikut Penjabarannya!

Apa Saja Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh? Berikut Penjabarannya!
Apa Saja Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh? Berikut Penjabarannya!
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sahabat MenujuBaik, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Apa Saja Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh? yang menurut hadist Sholat Sunnah ini lebih baik dari pada dunia dan seisinya, mari kita simak penjabarannya dibawah...

Sholat subuh merupakan salah satu sholat wajib bagi umat islam. Mungkin ada sebagian dari kita yang merasa berat melaksanakannya karena sulit untuk bangun dari tidur dan mengerjakannya dengan tepat waktu. Hal seperti itu tidak boleh kita biarkan, kita harus bangun dari tidur dan mengalahkan rasa kantuk dan malas untuk melaksanakan kewajiban kita yakni mengerjakan Sholat Shubuh yang hanya 2 Rakaat. Tapi ingat, kita melaksanakannya harus dengan ikhlas dan mengharapkan Ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan tanpa ada rasa terpaksa atau malas sedikitpun.

Tapi, pada artikel kali ini kita tidak membahas tentang Sholat Shubuh, melainkan Keutamaan Sholat Sunnah sebelum Shubuh yang begitu banyak membawa kebaikan bagi kita yang melakukannya. Sholat sunnah sebelum Shubuh ini dilaksanakan sebelum kita menunaikan Sholat Shubuh dan dianjurkan untuk mengerjakannya dirumah karena merupakan Sholat Sunnah, kita bisa melaksanakannya sebelum berangkat kemasjid. Berbagai kebaikan akan kita dapatkan dan insyaallah akan menjadikan kita Disiplin dalam menjalankan Sholat 5 waktu, Berikut adalah Beberapa Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh:
Sholat Sunnah Terbaik

Sebagaimana dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim no 725 Dua raka’at fajar (sholat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.”. 

Keutamaannya yang pertama adalah merupakan sholat terbaik diantara sholat sunnah lainnya karena sholat sunnah sebelum shubuh ini dianggap lebih baik dari dunia dan seisinya, hal ini karena sholat shubuh sendiri merupakan salah satu sholat wajib yang terkadang sulit dilakukan karena sulitnya bangun pagi oleh orang orang tertentu, dengan melakukan sholat sunnah subuh maka akan menguatkan dan mendisiplinkan waktu sholat subuh.
Ringan Dikerjakan namun Berpahala Besar

Dalam sebuah hadist “Sholat sunnah Shubuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Shubuh. Dan dianjurkan sholat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat beberapa Imam besar yakni Imam Malik, Imam Syafi’i  dan jumhur (baca: mayoritas) ulama.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 3). Sholat sunnah sebelum shubuh dapat dilakukan oleh siapa saja karena termasuk amal ibadah yang ringan untuk dilaksanakan namun memiliki pahala sangat besar sebagaimana amalan penghapus dosa besar.

Mendapatkan Kebaikan di Akherat

Hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Muslim mo 726 yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat sholat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (H.R Muslim no 726). Bagi umat islam yang rutin melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh ini disertai dengan menjaga amalan lainnya dengan baik dan mengharap Ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka akan mendapatkan kebaikan di akhirat kelak dan juga mendapatkan bekal yang indah untuk kehidupan di akhirat dan jauh dari siksa neraka.

Dilindungi di Hari Kiamat

Hadits dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang diriwayatkan oleh Muslim mo 727 yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat sholat sunnah subuh membaca ayat:
"قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا". (Surah Al-Baqarah Ayat 136)
pada rakaat pertama  dan membaca
"آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ".(Surah Ali-Imran Ayat 52)
 pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727). 

Bagi umat islam yang rutin melakukan sholat sunnah shubuh dan sholat shubuh dengan tepat waktu dan tetap istiqomah, maka di akhirat nanti akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah sehingga akan terlindung dari segala bahaya di hari  kiamat kelak.

Kebiasaan Baik

Dalilnya dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim no 783, yang berbunyi: “Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu, walaupun sedikit.” (HR. Muslim no 783).
Hadist lainnya yang diriwayatkan oleh Bukhari no 1152: "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencela seseorang yang tidak kontinyu dalam beramal. Dikisahkan oleh sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padaku : “Wahai ‘Abdullah, janganlah engkau seperti si fulan. Dulu dia biasa mengerjakan sholat malam, namun sekarang dia tidak mengerjakannya lagi.” (HR. Bukhari 1152).

Sholat sunnah yang dikerjakan sebelum shubuh ini akan menjadikan seseorang pribadi disiplin yang baik dan melakukan hal yang baik pula, sebab karena terbiasa bangun pagi dan melaksanakan sholat tepat waktu, hal ini juga bisa menjadi contoh pada orang terdekatnya untuk melakukan kebaikan yang sama pula sehingga kebaikan akan lebih banyak menular.
Mendisiplinkan Waku Sholat
Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim no 724, yang berbunyi “Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan sholat sunnah yang lebih semangat dibanding dengan sholat sunnah dua raka’at sebelum Fajar” (HR. Muslim no. 724). 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selalu bersemangat dan disiplin dalam mengerjakan sholat sunnah sebelum shubuh, hal itu pula yang wajib dicontoh oleh setiap hambaNya sebab merupakan sunnah Rasul.

Demikianlah artikel kita tentang "Apa Saja Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh" Semoga menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi kita semua, aamiin...


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »