Manfaat dari Mengetahui Asbabun Nuzul Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa Saja Manfaat dari Mengetahui Asbabun Nuzul Dalam Kehidupan Sehari-hari?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sahabat MenujuBaik yang semoga keimanan dan ketakwaannya selalu terjaga dengan baik, pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Apakah Setiap Ayat Dalam Al-Qur'an yang Diturunkan Selalu Memiliki Asbabun Nuzul?, maka pada artikel yang satu ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat yang kita dapat dari mengetahui dan memahami Asbabun Nuzul dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sahabat MenujuBaik yang belum mengetahui apa itu Asbabun Nuzul, silahkan baca artikel sebelumnya yaitu "Apakah Setiap Ayat Dalam Al-Qur'an yang Diturunkan Selalu Memiliki Asbabun Nuzul?" pada artikel tersebut kami telah membahas tentang pengertian Asbabun Nuzul, Contoh surah Al-Qur'an yang memiliki Asbabun Nuzul dan yang tidak memiliki Asbabun Nuzul. Baiklah, mari sama-sama kita bahas pada artikel kali ini tentang Apa Saja Manfaat dari Mengetahui Asbabun Nuzul Dalam Kehidupan Sehari-hari? Selengkapnya...

Perlu kita ketahui, bahwa mengetahui Asbabun Nuzul dari Ayat-ayat Al-Qur'an memiliki banyak sekali manfaatnya, diantaranya:

Mengetahui apa Hikmah yang dapat kita ambil dari hukum didalam turunnya suatu Ayat Al-Qur'an

Manfaat pertama yang dapat kita rasakan adalah "Mengetahui apa Hikmah yang dapat kita ambil dari hukum didalam turunnya suatu Ayat Al-Qur'an". Perlu kita ketahui bahwa Asbabun Nuzul menjelaskan bagaimana sebab/peristiwa suatu ayat al-quran turun beserta hukum syariat yang terkandung didalamnya. Dalam hal ini, kita dapat mengetahui manfaat jika seseorang mengetahui dan mempelajari asabun nuzul suatu Ayat Al-Qur'an, maka seseorang bisa memahami dan mengetahui alasan mengapa suatu hukum islam diberlakukan atau diterapkan, tujuan dari kenapa hukum tersebut diterapkan atau diberlakukan terkandung dalam ayat al-quran sehingga akan melengkapi ilmu yang didapat dan bisa memahami lebih banyak dari sekedar membaca al-quran dan artinya, tidak hanya itu kita tentu lebih mudah dalam mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu hikmah yang kita dapat dari hukum islam yang terkandung dalam suatu ayat al-quran tentu akan membuka pintu hati kita, bahwa ada kebaikan yang terkandung dalam setiap aturan-aturan yang ada pada al-quran bagi kehidupan manusia.

Mengetahui sebab turunnya Al-Qur'an dan Hadist

Manfaat kedua tapi paling utama yang kita dapat dari mengetahui Asbabun Nuzul suatu Ayat Al-Qur'an adalah mengetahui sebab-sebab ataupun peristiwa dari turunnya suatu ayat al-quran, sehingga dalam mempelajari isi kandungan al-quran seseorang tidak salah dan melengkapi pengetahuannya yang berkaitan dengan sebab – sebab turunnya al-quran dan tentu akan lebih baik jika kita mengetahui sebab-sebab/peristiwa turunnya suatu Ayat Al-Qur'an tersebut. Padahal, turunnya suatu Ayat dalam Al-Qur'an memang memiliki sebab-sebab tertentu yang tidak dapat digeneralisir walaupun tidak semua Ayat dalam Al-Qur'an memiliki Asbabun Nuzul, ditambah pula bahwa Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur selama 20 tahun sehingga asbabun nuzul dari Ayat Al-Qur'an perlu untuk diketahui.
Mengetahui sasaran obyek dari Ayat Al-Qur'an

Manfaat yang ketiga Mengetahui Asbabun Nuzul Dalam Kehidupan Sehari-hari yaitu mengetahui sasaran dari ayat al-quran yang turun agar tidak terjadi kesamaran dalam pengartian. Kandungan Ayat dalam Al-Qur'an selain memberikan tentang ilmu dan hukum islam juga memuat sejarah atau kisah tentang peradaban islam di zaman nabi sebelumnya, sehingga terdapat suatu Ayat Al-Qur'an yang biasanya ditujukan pada orang atau kaum tertentu yang ada pada zaman nabi sebelumya, maka disinilah Asbabun Nuzul diperlukan agar tidak terjadi kesalahan tafsir yang menyangkut isi kandungan ayat dalam Al-Qur'an serta seseorang atau kaum yang dimaksud agar tidak timbul penuduhan yang salah.

Mempermudah dalam mempelajari Al-Qur'an

Manfaat yang keempat yaitu dengan mengetahui Asbabun Nuzul tentu akan memudahkan kita dalam mempelajari isi atau makna yang terkandung dalam Ayat Al-Qur'an karena dalam memahami isi dan makna Ayat Al-Qur'an diperlukan pengetahuan terhadap sebab–sebab atau peristiwa dari permasalahan yang dikaji oleh Al-Qur'an, baik tentang hukum islam maupun kisah–kisah terdahulu yang memuat banyak petunjuk dan makna. Jika kita tidak memiliki ataupun mempelajari ilmu dari sebab-sebab dan peristiwa diturunkannya suatu Ayat dalam Al-Qur'an, maka bukan tidak mungkin kita mengalami kesulitan dalam mengartikan / memaknai isi kandungan Ayat Al-Qur'an. Dengan mengetahui Asbabun Nuzul maka akan memudahkan kita dalam menyelami makna kandunga Al-Qur'an dengan sebaik-baiknya.

Mempermudah dalam Menafsir Ayat Al-Qur'an

Manfaat kelima yang dapat diambil adalah dalam menafsirkan Ayat Al-Qur'an tentu akan mudah jika kita mengetahui tentang Asbabun Nuzul dari Ayat Al-Qur'an yang ingin ditafsirkan. Karena Asbabun Nuzul akan sangat membantu kita dalam menemukan tafsir dari setiap arti Ayat Al-Qur'an dan memudahkan dalam mencari atau memahami makna dari kisah – kisah yang ada pada Al-Qur'an. Kemudahan dalam Menafsirkan Ayat Al-Qur'an ini bisa didapat karena kita telah mengetahui dan mempelajari tentang sebab-sebab ataupun peristiwa diturunkannya Ayat Al-Qur'an tersebut. Kemudahan ini tentu akan sangat membantu kita dan menghindarkan dari kesalahan makna yang kita tafsirkan. Juga ada suatu pendapat yang mengatakan bahwa tidak mungkin mengetahui tafsir dari suatu Ayat Al-Qur'an, jika tidak bersandar pada riwayat dan penjelasan turunnya Ayat Al-Qur'an. Pendapat ini disampaikan oleh Al-Wahidie (w 472 H).

Membantu dalam menghafal Ayat Suci Al-Qur'an

Manfaat yang keenam dari mengetahui dan memahami Asbabun Nuzul akan mempengaruhi dan meningkatkan ingatan terhadap hafalan Ayat Suci Al-Qur'an, seorang penghafal Qur'an akan mengetahui hubungan yang timbul dari sebab–sebab atau peristiwa turunnya suatu Ayat Al-Qur'an serta peristiwa yang dijelaskan didalam Al-Qur'an. Selain itu, manfaat lainnya bagi penghafal Qur'an yang mengetahui Asbabun Nuzul dari Ayat Al-Qur'an akan mengetahui keterkaitan atau hubungan antara Ayat Al-Qur'an yang telah dihafal serta makna yang terkandung didalamnya, baik masa dari peristiwa tersebut, tempat dari peristiwa, pelaku peristiwa yang dijelaskan serta makna peristiwa itu didalam al-quran.

Mengetahui pengkhususan suatu Hukum

Manfaat ketujuh yang dapat kita ambil adalah mengetahui pengkhususan suatu hukum pada sebabnya. Hal ini bertujuan agar seseorang yang mempelajari Hukum Islam dari Sumber Hukum (Al-Qur'an) memandang terlebih dahulu dari sisi ke khususan sebab, karena hal ini tentu akan berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dalam hukum tersebut. Pengkhususan hukum yang dimaksud disebabkan karena adanya keadaan atau kondisi tertentu sehingga Asbabun Nuzul akan sangat membantu memberikan petunjuk dan penjelasan dari sebab kekhususan hukum yang tercantum dalam Al-Qur'an.

Mengatasi ketidakpastian

Manfaat yang terakhir adalah mengatasi ketidakpastian. Ketidakpastian disini maksudnya adalah sasaran dari Ayat Al-Qur'an tersebut. Sama halnya dengan beberapa manfaat yang telah kami berikan sebelumnya, dengan kita mengetahui sebab–sebab atau peristiwa turunnya Ayat Al-Qur'an akan mengatasi ketidakpastian dalam menangkap makna yang terkandung dalam Ayat Al-Qur'an. Sebagai contoh illustrasi pada surah Al Baqarah ayat 15, disebutkan bahwa timur dan barat merupakan kepunyaan Allah. Dalam contoh penerapan sholat yang kita lakukan, dengan melihat dzohirnya Ayat Al-Qur'an tersebut bisa membuat seseorang berpikir bahwa seakan bebas menghadap kemana saja sesuai kehendak hati tanpa harus memperhatikan arah kiblat. Namun setelah melihat Asbabun Nuzul dari Ayat tersebut, anggapan tersebut salah. Dari Asbabun Nuzul Ayat diatas berkaitan tentang seseorang yang sedang melakukan sholat dalam perjalanan dan diatas kendaraan, atau berkaitan dengan orang yang berijtihad dalam menentukan arah kiblat yang pas.

Baiklah sahabat MenujuBaik sekian lah artikel dan pembahasan kita kali ini, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. aamiin...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »